Home » » Download Juknis BOS 2018 Terbaru Berdasarkan Permendikbud No 1 Tahun 2018

Download Juknis BOS 2018 Terbaru Berdasarkan Permendikbud No 1 Tahun 2018

Posted by BERBAGI ILMU on Saturday 31 March 2018

Juknis BOS tahun 2018 Terbaru Berdasarkan Permendikbud No.01 Tahun 2018 resmi dirilis pada tanggal 18 Januari lalu. Seperti halnya peraturan pada umumnya, ada beberapa hal baru seputar petunjuk penggunaan BOS pada tahun ini. Namun juga terdapat beberapa pasal yang tidak mengalami perubahan. Dengan kata lain, Juknis Bos terbaru ini adalah penyempurna bagi juknis tahun-tahun sebelumnya.

Seperti halnya Juknis Bos Sebelumnya yakni Permendikbud Nomor 26 tahun 2017, Pada juknis BOS terdapat beberapa hal seputar tentang Dana BOS. Seperti halnya pada BAB I yakni Pendahuluan yang berisi tentang Tujuan BOS, Sasaran, Satuan Besaran, Waktu dan Pengelolaan BOS. Semua hal tersebut nyaris tidak ada perubahan dibandingkan dengan juknis Bos tahun 2017 pdf.

BACA JUGA:  
Tidak hanya pada Bab I, pada BAB II yang membahas mengenai TIM BOS juga tidak mengalami perubahan berrati. Seperti yang diketahui pemerintah menghendaki adanya Tim BOS mulai dari tingkat Pusat, provinsi, hingga tingkat satuan pendidikan atau sekolah. Setiap tim bos ini memiliki fungsi dan porsi kerja yang juga sudah dalam Permendikbud No 1 Tahun 2018 Pdf ini.
Bab Berikutnya Juknis BOS 2018 berisi tentang penetapan Alokasi. Penepatan alokasi ini membahas beberapa hal penting dalam besar anggaran BOS yang diterima setiap satuan pendidikan. Jadi pada Juknis kali ini mencakup Juknis BOS 2018 SD, SMP, SMA/SMK dengan rincian yaitu untuk SD adalah RP 800.000/siswa setiap tahun, SMP sebesar Rp 1.000.000/siswa setiap tahun, SMA/SMK sebesar 1.400.000/siswa setiap tahun dan untuk SLB sebesar 2.000.000/siswa setiap tahun. Pada bab ini juga dijelaskan waktu-waktu cut off atau pengambulan data penerimaan BOS berdasarkan Dapodik.
Tidak hanya di Bab 3, bab 4 Permendikbud No.01 Tahun 2018 tentang Juknis Bos Pdf ini juga menjelaskan mengenai Penyalira Dana Bos. Termasuk juga besaran yang diterima sekolah setaip triwulan. Seperti yang diketahui, sejak Tahun 2017 lalu, penerimaan Dana Bos yang awalnya 25% setiap triwulan diganti menjadi 20%, 40%, 20% dan 20%. Format ini Juga berlaku untuk tahun 2018. Yang tidak kalah penting, pada Juknis BOS  terbaru ini juga adanya peraturan Dana BOS sebelum dikirim ke sekolah melalui tahap dari RKUN di kirim ke RKUD.
Bab yang paling penting dan perlu banyak diperhatikan pada juknis BOS 2018 ini adalah Bab 5 yakni tentang Penggunaan Dana BOS. Pada bagian ini hendaknya benar-benar dicermati bagi semua pihak, tidak hanya oleh satuan pendidikan sebagai pelaksana namun juga oleh DInas Pendidikan dan pihak pemantau penggunaan Dana Bos. Sehingga nantinya apa yang diharapkan oleh pemerintah terkait penggunaan BOS tercapai untuk dunia pendidikan. Untuk lebih detilnya silahkan download juknis Bos 2018 pdf di bawah ini.


Download Juknis BOS 2018 Terbaru Berdasarkan Permendikbud No 1 2018 

Download Juknis BOS 2018 PDF ⇒ "DOWNLOAD"

Itulah Juknis BOS terbaru yang resmi dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia atau Kemendikbud RI pada Januari lalu. Semoga juknis ini benar-benar bermanfaat dan membantu seua pihak dalam merealisasikan dan menggunakan dana BOS semaksimal mungkin.
Demikian artikel mengenaiJuknis BOS 2018 Terbaru Berdasarkan Permendikbud No 1 Tahun 2018. Semoga memberikan manfaat bagi sahabat-sahabat sekalian.
Salam persahabatan selalu dan terima dan terima kasih atas kunjungannya. 

Thanks for reading & sharing BERBAGI ILMU

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment